Sabtu, 29 Agustus 2009

Bangun Infrastruktur untuk Warga Garsela

Warga Garut selatan (Garsela) meminta Pemkab Garut untuk lebih memerhatikan mereka secara serius. Di antaranya, dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur agar ketika Garsela benar-benar berpisah dengan Kab. Garut, sudah dalam keadaan siap.

“Hal itu diperlukan agar nasib Kabupaten Garsela nanti tidak seperti Kab. Bandung Barat yang infrastrukturnya tidak lengkap,” kata Drs. H. Gunawan Undang, tokoh masyarakat Cisewu, Garut selatan, yang kini menjadi tokoh pendidikan di Bandung, Kamis (18/10). Hal senada disampaikan Kokon Darmawan S.Sos., anggota Forum Mahasiswa Lintas Aliansi.

Gunawan dan Kokon mengharapkan, selain memberikan perhatian lebih dengan membangun sejumlah infrastruktur, untuk mendukung pemekaran, Pemkab Garut pun mesti membangun semacam kantor perwakilan di wilayah selatan. Kantor perwakilan itu nantinya dijadikan tempat berkumpulnya para tokoh Garsela untuk membicarakan pemekaran.

“Memang belum ada peraturan daerah yang mengatur hal itu. Namun, demi kebaikan warga Garsela, tidak ada salahnya hal itu diadakan. Kantor dimaksud, semacam Unit Pelaksana Teknis Daerah-lah, dengan tugas untuk melakukan percepatan pembangunan di Garsela,” kata Kokon.

Di tempat terpisah, pejabat pelaksana tekni (Plt.) Sekda Garut Drs. H. Budiman, S.E. dan Asda I Setda Garut Drs. H. Wowo Wibowo ketika dikonfirmasi, mendukung keinginan warga Garsela untuk membentuk kabupaten baru. Pemkab juga akan terus melakukan pembangunan infrastruktur di Garsela.

“Namun dalam mendukung pemekaran itu, kami akan tetap melewati tahapan-tahapan yang berlaku dan tidak keluar dari aturan,” kata Budiman.

Menjawab pertanyaan soal lambatnya pembangun infrastruktur di Garsela sehingga warga setempat merasa kurang diperhatikan, keduanya mengatakan bahwa hal itu kurang tepat. Pasalnya, selama ini Pemkab Garut terus-terusan melakukan pembangunan di Garsela, seperti pembangun RS Pameungpeuk di Pameungpeuk, membangun sejumlah Puskesmas, dan membangunan SMA Kelautan di Cikelet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar