Sabtu, 29 Agustus 2009

Keinginan Bergabung ke Bandung Menguat

Keinginan warga Garut Selatan (Garsela) terutama yang ada di Kec. Caringin, Talegong, dan Cisewu untuk bergabung dengan Kab. Bandung semakin kuat. Hal itu mengemuka ketika elemen masyarakat di tiga kecamatan tadi melakukan audiensi dengan Pansus Pembentukan Kab. Garsela di Ruang Komisi A DPRD Garut, Senin (5/11).
Salah satu alasan yang mengemuka, karena akses warga ke Kab. Bandung dari beberapa sektor lebih mudah bila dibandingkan dengan akses ke Kota Garut. Sedangkan untuk pembentukan Kab. Garut Selatan sendiri dinilai warga masih belum memungkinkan, karena terkendala minimnya kelengkapan berbagai sarana infrastruktur di wilayah Garut selatan.
Hadir pada pertemuan tersebut, Ketua Pansus Alirohman dan Sekretaris Suryaman Anang Suatma. Sedangkan dari Garsela, hadir antara lain Sekretaris Forum Warga Cisewu Kokon Darmawan, Ketua Himpunan Pemuda Pelajar Masyarakat Garut (Hipmaga) April Parlindungan.
Menurut Kokon, warga di Kec. Cisewu, Talegong, dan Caringin memilih bergabung dengan Kab. Bandung, karena akses warga ke Bandung lebih baik, lebih dekat, dan lebih mudah daripada ke Garut, baik sektor ekonomi menyangkut penjualan hasil bumi maupun pendidikan.
“Untuk menjual hasil panen tomat misalnya, kita jelas lebih memilih ke Bandung daripada ke Garut. Sarana angkutan juga lebih banyak ke Bandung,” ujarnya.
Kondisi seperti itu membuat warga dari tiga kecamatan di wilayah Garut selatan, kebanyakan berurbanisasi ke Kota Bandung daripada ke Kota Garut. Hubungan mereka dengan Kab. Garut hanyalah sebatas urusan administrasi seperti pembuatan KTP dan urusan politik lima tahun sekali.
Sementara itu, Alirohman menegaskan bahwa pihaknya akan bersikap objektif dalam hal tersebut. Pihaknya, akan berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait, termasuk gubernur dan pemerintah pusat.
Kepala Bagian Pemerintahan Setda Garut Kuswanda mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mengambil keputusan soal pembentukan Kab. Garut Selatan. Studi kelayakannya pun hingga kini belum ada.

06/11/2007, Cetak, Pikiran Rakyat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar