Sabtu, 29 Agustus 2009

Untuk Pertama Kali Calon Perseorangan di Jabar Memenangi Pilkada

05 January 2009
03:45:06 WIB
BANDUNG- Aceng Fikri-Diky Candranegara keluar sebagai bupati dan wakil bupati terpilih dalam Pilkada Garut Jabar. Pasangan dari jalur perorangan ini memperoleh 532.263 suara (55,84 persen), mengungguli Rudy Gunawan-Oim Abdurohim yang meraih 423.263 suara (44,16 persen) serta diusung Partai Golkar dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Pasangan dari jalur perorangan ini merupakan yang pertama kali di Jabar yang memenangi Pilkada.

Sebelumnya calon perorangan pertama yang memenangkan Pilkada terjadi di wilayah Kalimantan Barat. Pasangan perorangan tersebut adalah Muda Mahendrawan- Andreas Muhrotien yang memenangkan Pilkada Kabupaten Kubu Raya. Pasangan dari jalur perorangan ini, memenangi pilkada putaran kedua . Pasangan Muda- Andreas ini ditetapkan ditetapkan dalam rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kubu Raya , Jumat (19/12). Pasangan perorangan ini mengalahkan Sujiwo – Raja Sapta Oktohari dengan meraih 124.738 suara atau 58 persen. Pada putaran pertama pasangan Muda-Andreas berada diperingkat atas (mendapat 26,05 persen suara) dengan mengalahkan tujuh pasangan lainnya, termasuk Sujiwo-Okto yang memraih 19,74 persen.

“Kemenangan calon perorangan di Kabupaten Garut adalah fenomena politik tersendiri. Mereka merupakan satu-satunya calon peroranag di Jabar yang bisa memenangi pilkada,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Garut, Mohammad Iqbal Santoso, akhir bulan lalu di Garut.

Iqbal menduga kekalahan Rudy-Oim dalam pilkada putaran kedua ini akibat mereka tidak memiliki pendukung massif, mengingat keduanya bukan kader dari partai poliitik (parpol) pengusung. “Hal itu juga mencerminkan ketidakpercayaan rakyat Garut terhadap parpol,” ujarnya

Rakyat garut, menurut Iqbal, mengalami trauma akibat kasus korupsi yang melibatkan Bupati Agus Supriyadi dan puluhan anggota legislatiif Garut. “Rakyat juga melihat calon perseorangan sebagai sosok yang bebas dari birokrasi dan lebih muda sehingga diharapkan membawa perubahan,” ujarnya menambahkan.

Juru bicara pasangan Rudy – Oim, Kokon Darmawan, mengatakan, kemenangan calon perorangan merupakan pukulan telak bagi parpol di Garut. Meski demikian kemenagan itu diperkirakan lebih dipengaruhi factor popularitas calon (keratisan Diky Candra). (fxp/kps)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar