Sabtu, 29 Agustus 2009

Pemekaran Jangan Lahirkan Kemiskinan Sabtu, 27 Juni 2009 , 07:03:00

GARUT, (PRLM).- Keinginan sejumlah pihak yang ngotot membentuk Kabupaten Garut Selatan dinilai sejumlah masyarakat Kabupaten Garut, sebagai sesuatu perjalanan yang akan memunculkan kemiskinan baru. Jika Kabupaten Garut Selatan terbentuk, akan muncul perusakan terhadap konervasi alam dan "terjajahnya" warga asli Garut Selatan oleh kaum pendatang.

Salah seorang aktivis yang berjuang mempertahankan keutuhan masyarakat Garut, Kokon Darmawan mengatakan, keinginan membentuk Kabupaten Garut Selatan diketahui hanya ambisi mereka-mereka yang ingin manggung dalam kancah politik, yang ditunggangi kepentingan kaum pendatang dari luar Jabar. Apalagi, banyak di antara mereka kemarin gagal terpilih dalam Pemilu Legislatif untuk Kabupaten Garut, sehingga ingin mencari tempat untuk manggung sendiri melalui dibentuknya Kabupaten Garut Selatan.

Ia menyebutkan, berbagai pemekaran wilayah ternyata umumnya kurang membawa manfaat positif bagi warga asli setempat. Ia mencontohkan, dibentuknya Provinsi Banten yang dimekarkan dari provinsi Jabar, ternyata hanya memunculkan kemiskinan baru di Selatan Banten akibat lahan-lahan pertanian, kehutanan, dan perkebunan setempat banyak dibongkar kaum pendatang. (A-81/A-147)***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar